Selamat Datang di UNIK EUY | Terima Kasih Telah Berkunjung. Jika ada postingan yang error atau gambar yang hilang silahkan hubungi kami dengan meninggalkan komentar, secepatnya akan kami perbaiki, terima kasih

Hewan-hewan yang Bisa Bikin Orang Sakit

Memiliki hewan peliharaan biasanya dapat membantu menurunkan stres dan membuat si pemiliknya lebih sehat. Tapi ada beberapa hewan yang justru membuat Anda menjadi sakit. Apa saja?

Tidak semua hewan bisa dipelihara dan beberapa diantaranya justru berpotensi menularkan penyakit berbahaya.

Berikut beberapa hewan yang dapat membuat orang sakit, seperti dilansir ABC News, Sabtu (20/8/2011):

1. Monyet
Monyet bisa membawa virus Herpes B yang dapat ditularkan melalui air liur dan dapat berpotensi mematikan. "Herpes B dapat menyebabkan ensefalitis, yaitu pembengkakan otak. Virus ini terdapat dalam air liur dan dapat masuk ke otak manusia," kata dr William Schaffner, profesor dan ketua department of Preventive Medicine di Vanderbilt University School of Medicine di Nashville, Tenn.

2. Kelelawar
Meski manusia jarang bertemu kelelawar, tapi hewan malam ini juga dapat menyebabkan penyakit serius. "Kelelawar dapat menularkan rabies kepada manusia. Itu cukup tinggi pada daftar penyakit serius menyebar melalui kontak dengan hewan," kata Schaffner.

Virus rabies lebih sering menyebar melalui kontak dengan hewan yang terinfeksi lainnya seperti coyote, rubah, rakun, kadang-kadang anjing dan kucing.

Rabies mempengaruhi sistem saraf pusat dan dapat menyebabkan kebingungan, halusinasi, kelumpuhan parsial dan kesulitan menelan. Jika tidak diobati, biasanya berakibat fatal dalam beberapa hari setelah gejala ini muncul.

3. Kelinci liar
Sementara kelinci liar mungkin tampak manis dan lucu untuk dipelihara, hewan pemakan wortel ini dapat menyebarkan tularemia, yaitu penyakit yang dapat menyebabkan masalah pernapasan serius. Tularemia juga dikenal sebagai demam kelinci.

Gejalanya seperti demam mendadak, menggigil, nyeri sendi dan kelemahan progresif. Orang yang terinfeksi juga dapat mengembangkan rasa sakit pneumonia dan dada serta kesulitan bernapas.

4. Burung
Burung dapat menularkan sejumlah penyakit. diantaranya adalah flu burung, penyakit yang mendapat perhatian internasional kembali pada tahun 1990-an. Flu burung disebabkan oleh virus H5N1, yang dapat tertular melalui penanganan unggas yang terinfeksi. Sejak tahun 1997, lebih dari 120 juta burung di seluruh dunia telah meninggal akibat flu atau setelah dihancurkan untuk mencegah penyebaran penyakit itu. H5N1 sangat mematikan pada manusia.

Penyakit lain yang disebarkan oleh burung adalah demam beo atau psittacosis. demam beo bisa tersebar bila Anda bernapas dalam tinja kering aerosol yang terinfeksi dari burung yang terinfeksi. Gejalanya seperti demam, menggigil, sakit kepala dan dalam beberapa kasus dapat menyebabkan pneumonia.

5. Tikus
Sejarawan banyak percaya bahwa tikus adalah penyebab Black death dan juga diketahui membawa mikroorganisme berbahaya lainnya. diantaranya adalah demam gigitan tikus, penyakit yang dapat disebabkan oleh dua bakteri yang berbeda. Manusia dapat tertular penyakit ini bisa mengonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi atau melalui gigitan tikus. Gejala bervariasi tergantung pada jenis penyakit ini.

Tikus juga dapat menyebarkan leptospirosis, penyakit bakteri serius yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan meningitis. Tikus juga dapat mengirimkan salmonella dan giardia, yang dapat menyebabkan penyakit pencernaan.

6. Reptil
Reptil seperti kura-kura berbahaya karena secara alami hewan ini membawa salmonella pada kulitnya. Anak-anak sangat rentan terhadap infeksi salmonella yang disebabkan oleh reptil. CDC memperkirakan sekitar 74.000 orang menderita penyakit terkait salmonella yang berhubungan dari reptil.

7. Sapi
Sapi dapat menyebarkan 3 penyakit utama, yakni yang berhubungan dengan infeksi salmonella, infeksi E. coli dan ensefalitis sapi. Ensefalitis sapi atau Mad Cow disease (penyakit sapi gila) menyebabkan penyakit otak degeneratif pada sapi. Hal ini dapat menyebar ke manusia mengonsumsi bagian dari otak atau sumsum tulang belakang sapi yang terinfeksi. Hal ini dapat menyebabkan Creutzfeld-Jakob disease, penyakit degeneratif otak dan mematikan pada manusia.

8. Anjing
Teman terbaik manusia ini juga dapat menjadi musuh terburuk ketika menyebarkan penyakit. Selain kadang-kadang menyebarkan rabies, anjing dapat mengirimkan parasit seperti cacing tambang dan cacing gelang.
Anjing juga dapat menjadi pelabuhan lain organisme penyebab penyakit.

Kutu anjing juga dapat membawa bakteri yang menyebabkan Rocky Mountain Spotted Fever, yang bisa berakibat fatal jika tidak diobati.

9. Kucing
Meski terlihat imut dan menggemaskan, kucing juga dapat menyebarkan penyakit pada manusia. 50 sampai 90 persen gigitan kucing dapat membuat Anda terinfeksi. Pada kesempatan langka, gigitan kucing dapat menyebabkan infeksi tulang atau ensefalitis.

Kucing juga dapat menyebarkan rabies serta tularemia dan toksoplasmosis. Bakteri yang menyebabkan tularemia dan parasit yang menyebabkan toksoplasmosis biasanya dibawa oleh hewan lain, namun kucing yang berada di luar ruangan atau kontak dengan hewan lain dapat menyebarkan penyakit kepada manusia.

Orang yang menderita toksoplasmosis biasanya karena kontak dengan kotoran kucing yang terkontaminasi atau mengonsumsi makanan atau air yang terkontaminasi. Toksoplasmosis berat dapat menyebabkan kerusakan pada otak, mata atau organ lainnya.

Leave a Reply

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...