Selamat Datang di UNIK EUY | Terima Kasih Telah Berkunjung. Jika ada postingan yang error atau gambar yang hilang silahkan hubungi kami dengan meninggalkan komentar, secepatnya akan kami perbaiki, terima kasih

7 Kebiasaan yang Menghambat Kreativitas

Setiap orang punya kemampuan menjadi kreatif, tapi banyaknya pikiran sehari-hari dan juga tindakan yang gak disadari justru menghambat pikiran kreatif dari otak

Pada dunia kerja, berpikir dan bertindak kreatif akan kamu perlukan untuk mengembangkan diri dan karirmu. Namun, meskipun semua orang memiliki daya ciptanya masing-masing, tetap saja ada hal tak disadari yang dapat menghambat kekreatifan tersebut muncul. Mau tahu apa saja? Ini dia:

1. Kamu Hanya Duduk Sepanjang Meeting
Percaya deh, menyempatkan berdiri saat meeting akan membuatmu lebih kreatif dalam mengembangkan ide. Ini karena berdiri membuat fisikmu lebih bersemangat sehingga tidak memiliki batasan untuk mengembangkan ide-ide kreatif dibanding saat kamu hanya duduk.

2. Kamu Terpaku di Meja
Meskipun pekerjaan mengharuskanmu banyak duduk di belakang meja, bukan berarti kamu tidak bisa sama sekali berdiri dan berjalan-jalan kan? Berdasar penelitian di Santa Clara University, berjalan ternyata dapat menumbuhkan pemikiran kreatif. Hal ini diteliti melalui perbandingan relawan yang diminta menemukan banyak kegunakan unik dari benda-benda umum seperti pinset dengan duduk dan berjalan di treadmill. Hasilnya, 81% relawan di treadmill menemukan ide kreatif lebih banyak sekaligus tidak terduga.

3. Kamu Banyak Sendirian
Para pemikir dan ilmuwan di dunia membuktikan bahwa kreativitas merupakan hasil dari dua orang atau lebih yang berinteraksi dalam berbagai cara: berkolaborasi untuk saling melengkapi, menginspirasi, dan juga bersaing secara kreatif. Berinteraksi bukan hanya membantu mengencerkan otak, tapi juga mengembangkan kepribadian.

4. Kamu Berpikir Bahwa Segalanya Bisa Dicapai dan Didapat dengan Mudah
Ide terbaik gak selalu menggambarkan kejeniusan. Kamu wajib memiliki gairah dan tekad untuk melibatkan diri dalam proses penciptaan ide-ide baru yang berbeda. Oleh karena itu, kamu harus melatih kesabaran agar dapat bertahan menghadapi kesulitan. Karena yang jenius dan kreatif hanya berhasil diwujudkan melalui kerja keras meskipun kelihatannya gak mungkin. Ingat, Thomas Edison menciptakan 3000 ide berbeda bagi sistem pencahayaan sebelum akhirnya menemukan lampu, Picasso membuat lebih dari 20 ribu karya sebelum menelurkan puluhan masterpiece, dan Mozart menciptakan 600 buah musik sebelum akhirnya memperdengarkan beberapa lagu bermutu tinggi.

5. Kamu Berpikir Bahwa Kamu Bukan Tipe Kreatif
Banyak orang yang berpikir bahwa ada orang yang memang kreatif dan juga tidak. Ini salah, karena banyak sudah penelitian yang membuktikan bahwa siapa pun yang memiliki rata-rata kecerdasan normal akan memiliki kreativitasnya sendiri. Berpikir dirinya tidak kreatif hanya akan menghambat kreativitas di dirinya muncul, dan faktanya, skill kreatif bisa diasah dan dikembangkan.

6. Kamu Selalu Intens Men-deadline Pekerjaan
Banyak orang yang berpikir bahwa dirinya bisa menghasilkan daya kerja terbaik ketika menetapkan deadline gila-gilaan. Padahal, seseorang akan makin kreatif jika mereka bisa berjuang melawan waktu. Kreativitas akan menurun jika kamu menetapkan deadline, ini karena kamu jadi bekerja di bawah tekanan. Jadi, daripada fokus pada deadline, lebih baik memberi ruang untuk tetap menjalankan kehidupan normal sambil terus mengondisikan waktu sebaiknya demi menyelesaikan pekerjaan tepat pada waktunya.

7. Kamu Gak Pernah Bertanya
Mengklarifikasi masalah dengan mengajukan pertanyaan yang tepat akan membantumu lebih kritis berpikir kreatif. Menyimpan pertanyaan hanya akan membuatmu gak memahami situasi, dan ini menghambatmu juga untuk melakukan terobosan.

Nah Guys, jangan hambat dirimu untuk mengeluarkan ide dan bertindak kreatif. Karena orang yang kreatif pasti bisa mencapai kesuksesannya lebih mudah. Tetap kreatif Guys!

Leave a Reply

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...